UKS dan UKGS

KEGIATAN PROGRAM UKS

DI UPT PUSKESMAS COLOMADU 1

 

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan wadah untuk berbagai program, seperti Kesehatan reproduksi, Gizi, Pencegahan penyalahgunaan NAPZA, Pengendalian Penyakit, Penyehatan Lingkungan, Promkes dan Pengobatan sederhana. Wadah ini menjadi penting dan strategis, karena pelaksanaan program melalui UKS jauh lebih efektif dan efisien serta berdaya ungkit besar. Halini dikarenakan selain jumlahnya yang besar (25%) diantara jumlah penduduk, mereka merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik.

Masalah kesehatan yang dialami peserta didik sangat kompleks dan bervariasi. Pada usia sekolah dasar, permasalahan kesehatan peserta didik umumnya berhubungan dengan ketidakseimbangan gizi, anemia, kesehatan gigi, kelainan refraksi, kecacingan dan penyakit menular yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Melihat permasalahan yang ada, pelayanan kesehatan di sekolah melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diutamakan pada upaya peningkatan kesehatan dalam bentuk promotif dan preventif.

  •  

 

Kegiatan program UKS meliputi :

  1. Pembinaan  Dokter Kecil.
  2. Penjaringan Kesehatan Murid kelas satu baru yaitu siswa sekolah dasar dan lanjutan.
  3. Penyuluhan.

 

Pembinaan Dokter Kecil

Program Dokter Kecil merupakan bagian dari Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Keberadaan Dokter Kecil di suatu sekolah sangat tergantung terhadap kebijakan sekolah itu sendiri. Program Dokter kecil merupanan salah satu program pendukung untuk meningkatkan kesadaran akan perilaku hidup sehat sejak dini. Biasanya Dokter Kecil adalah mereka yang duduk di kelas 4 hingga 6 dan termasuk siswa yang berprestasi, serta syarat lainnya yang tentu berkenaan dengan kesehatan. Salah satu kewajiban dokter kecil adalah memberikan contoh perilaku sehat dan mampu mendorong teman-temannya untuk menjalankan pola hidup sehat.

Pembinaan Dokter kecil dilaksanakan setahun sekali, biasanya kami rencanakan di bulan Maret. Kegiatannya meliputi Pemberian materi tentang kesehatan secara umum, kesehatan gigi, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), dan PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Dilanjutkan dengan workshop yang di bagi menjadi beberapa kelompok dengan pembimbing tersendiri. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan siswa yang berprestasi di wilayah kerja UPT Puskesmas Colomadu 1.

Kegiatan Penjaringan Kesehatan

Pelayanan kesehatan pada UKS adalah pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi dan mulut siswa SD/MI dan lanjutan melalui penjaringan kesehatan terhadap murid kelas I,VII dan IX yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan bersama dengan guru UKS.

Anak usia sekolah merupakan sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan, selain jumlahnya yang besar ( 30%) dari jumlah penduduk, mereka juga merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa sebagian anak SD/MI masih mengalami masalah gizi yang cukup serius, dan prevalensi kecacingan pada cukup tinggi, serta kesehatan gigi dan kesehatan indera penglihatan dan pendengaran masih ditemukan. Melihat permasalahan diatas, pelayanan kesehatan di sekolah diutamakan pada upaya peningkatan kesehatan dalam bentuk promotif dan preventif. Upaya preventif antara lain kegiatan penjaringan kesehatan ( Screening kesehatan ) untuk peserta didik.

Penjaringan kesehatan siswa kelas 1 baru meliputi siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, dilaksanakan dibulan September. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, pemeriksaan tajam penglihatan (visus), pemeriksaan buta warna, pemeriksaan tekanan darah, pengukuran tinggi badan dan berat badan serta pemeriksaan laboratorium (Hb).

Penyuluhan Kesehatan

Kegiatan ini meliputi :

  1. Penyuluhan tentang CTPS
  2. Penyuluhan tentang PHBS
  3. Penyuluhan tentang Kesehatan Gigi
  4. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi remaja
  5. Penyuluhan Napza dan HIV AIDS

 

FOTO KEGIATAN UKS LAINNYA